Physical Layer (layer 1 OSI)

Physical Layer.... lapisan yang berkedudukan paling bawah atau lapisan fisik ini bukan hanya membahas tentang kabel-kabel yang terkoneksi ke interface network-card, atau hanya interface network saja. Tetapi juga harus mengerti jenis,fungsi,prinsip kerja, dan cara pemasangan hardware yang akan kita hadapi.

berikut beberapa fungsi dari physical layer:

  1. definisi dari spesifikasi hardware : mengerti detail dari cara kerja kabel,konektor,wireless radio transceiver, network interface card dan beberapa hardware yang secara umum berfungsi sebagai physical layer.
  2. encoding dan signaling : layer fisik bertanggungjawab untuk beberapa fungsi encoding dan signaling yang mengubah data dari bit-bit yang berada dalam komputer atau perangkat lain kedalam signal yang dapat dikirim melalui jaringan.
  3. Data transmition dan Reception : setelah encoding data dengan tepat ,physical layer langsung mentrasmisikan data, dan tentu saja menerimanya. catatan: nini berlaku untuk jaringan kabel dan wireless, meskipun tidak ada kabel dalam jaringan wireless.
  4. topology dan physical network design : physical layer juga dipertimbangkan sebagai domain dari banyaknya hardware yang berhubungan dengan masalah desain jaringan,seperti topologi LAN dan WAN.

0 comments: