pengalaman pertama kali menggunakan linux sebagai sistem operasi di laptop saya

Pertama kali dalam hidupku menggunakan linux sebagai sistem dasar di laptopku, awalnya sih agak bingung dan g' gitu yakin sama aja kali yah ama ragu haghaghag. sebab sewaktu menggunakan xp dan ku instal linux menggunakan virtual, sering error ketika habis update linux. Oh iya linux yang saya gunakan adalah ubuntu versi 8.10, tp karena udaah niat abis lulus kuliah mo instal linux karena dah bosen ama xp ya.. akhirnya instal ulang laptop ku skalian mo blajar junos.


Selama melakukan instalasi, saya melakukan instal ulang sebanyak 3 kali ,kenapa? karena pada instalasi :
  1. saya menggunakan ubuntu versi 8.04 karena berdasarkan dari temen saya hanya yang versi ini JunOS bekerja dengan baik. Akan tetapi setelah saya instal ternyata banyak sekali ketidak-support-an hardware pada laptop saya salah satunya yaitu audio(tidak keluar suara). salah lainnya wifi tidak dapat berfungsi dengan semestinya. kemudian saya update dengan harapan semua persoalan sudah selesai, tapi ternyata semakin banyak errornya hiks hiks yang tadinya LAN-card bekerja dengan semestinya sekarang tiba2 restart ke default-nya setiap di restart ulang dalam hati berteriak tidak!! kenapa jadi gini sih. Hm.. instal ulang lagi aja kali yah.
  2. setelah instal ulang ke-2 selesai (masih dengan buntu versi yang sama karena masih mengacu pada pernyataan teman saya tadi) . Ok lah sekarang tanpa update biarin deh no sound for a while (pikir saya), kemudian saya instal perlengkapan perang buat bikin olive (JunOS yg berjalan dimesin virtu). Bla..bla.. bla.. setelah selesai instal saatnya konfigurasi biar jadi olive beneran dan idup, eh ternyata LAN-card virtunya g'bisa di deteksi sebagai LAN yg diterima JunOS .
  3. Nah instalan ke-3 saya pakai ubuntu versi 8.10 iseng2 coba karena dah setres ama yang tadi. tanpa disangka semua instalasi hardware g' ada yg error,(audio=konek, LAN=konek)tp sayangnya grafiknya kok rada aneh (RGB) waktu pasang wallpaper yang berisikan poto cweku kok warnanya beda banget dari aslinya waktu masih pake xp, sampai sekarang masih bingung cara perbaikannya. Abis itu ku update sistemnya dan tak ada masalah berarti, serakang lagi nyoba bikin olive lagi doakan berhasil yah


0 comments: